воскресенье, 26 июня 2011 г.

Alasan Richard Gere Sambangi Borobudur

foto
Magelang - Bintang film Hollywod, Richard Gere, telah tiba di Yogyakarta, hari ini. Dari Yogyakarta ia langsung meluncur ke Magelang, Jawa Tengah. Kepada sejumlah wartawan yang ia mengemukakan alasannya mengunjungi candi Borobudur. Kata dia, perjalanan ritualnya ke candi Borobudur adalah untuk mengetahui lebih mendalam sejarah gurunya. "Perjalanan ke Borobudur ini penting bagi saya untuk lebih tahu apa saja yang ada kaitannya dengan guru saya, penting bagi studi saya pribadi," kata Richard Gere begitu tiba di kompleks Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah, Ahad, 26 Juni 2011.

Richard Gere adalah pengikut aktif Dalai Lama, guru besar Buddha asal Tibet. Menurut Gere, Indonesia adalah negara yang mengagumkan yang menyimpan banyak sejarah, khususnya yang berkaitan dengan sejarah perkembangan agama Buddha. "Indonesia adalah negara mengangumkan untuk belajar sejarah," kata Gere.

Gere mengaku pernah mengunjungi Indonesia 25 tahun silam, namun tidak singgah ke Jakarta. "Waktu itu saya ke Bali, ke Jakarta baru sekarang," kata Gere.

Selama di Borobudur, Richard Gere akan bermeditasi pada Senin, 27 Juni 2011 subuh sekitar pukul 04.00. Setelah itu, ia akan melakukan peace walk sambil membaca doa Parita bersama para bhiksu yang mengiringinya.

Tentang kondisi Candi Borobudur setelah erupsi Merapi, Gere mengungkapkan selama ini hanya mengamatinya lewat foto-foto. Ia baru akan mengamati kondisinya besok ketika melihat lebih dekat candi Borobudur. "Saya baru melihat foto Borobudur, khususnya yang diambil pada 1840," kata gere. "Rehabilitasi Borobudur sangat penting, saya akan mengamatinya besok."

Gere melontarkan candaannya ketika ditanya apakah tertarik memegang stupa candi seperti yang biasa dilakukan wisatawan jika berkunjung ke Borobudur. "Saya justru besok akan meditasi di atas stupa," kata Gere

Комментариев нет:

Отправить комментарий